Sabtu, 04 April 2009

Survei SSS: Gerindra dan Hanura Masuk Parlemen


Laporan: M Hendry Ginting

Jakarta, RMonline. Hasil survei Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS) menyatakan bahwa sembilan parpol akan masuk perlemen 2009-2014 dengan catatan suara diatas parliamentary threshold, yaitu 2,5 persen.

"Survei ini menayakan responden jika pemilu dilakukan hari ini partai mana yang akan dipilih. Hasilnya hanya sembilan parpol yang berhasil meraih dukungan sebesar lebih dari 2,5 persen," beber Direktur Eksekutif Toto Sugiarto dalam jumpa persnya di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, Sabtu (4/4).

Kesembilan parpol itu seperti Partai Demokrat, PDI-P, Partai Golkar, Partai Gerindra, PKS, PAN, PPP, Partai Hanura dan PKB

Survei dilakukan 33 Provinsi pada 28 Maret sampai 1 April 2009.

Dari hasil survei ini, lanjut Toto, sekitar 20,2 persen resoonden lebih memilih Partai Demokrat. Disusul peringkat berikutnya, PDI-P dipilih 13,5 persen responden, Partai Golkar dipilih 12,2 persen, Gerindra dipilih 10,4 persen, PKS dipilih 9,7 persen, lainnya sekitar 7,0 persen.

Sementara PAN dipilih 5,8 persen, PPP dipilih sekitar 4,2 persen, Hanura dipilih 3,6 persen, PKB dipilih 3,0 persen. Sedangkan responden yang tidak menjawab sekitar 5,8 persen dan menjawab tidak atau belum tahu sekitar 4,6 persen.

Survei juga memperlihatkan fakta bahwa kedua parpol senior, PDIP dan Golkar, yang bertahan dari Orde Baru mengalami penurunan.

“Fenomena ini memperlihatkan adanya kecenderungan bahwa eksistensi parpol apapan atas mulai goyah," jelasnya.

Sementara itu, untuk konteks calon presiden 2009-2014 dari kalangan militer, survei ini menyatakan kalau SBY dan Prabowo sebagai capres yang paling diminati rakyat.
[ald]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar