Selasa, 07 April 2009

Pemilu 2009 Diprediksi "Kubur" 27-30 Parpol Gurem

Survei Pemilih Partai Pemilu 2009

Selasa, 7 April 2009 | 17:33 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com Inggried Dwi Wedhaswary

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketentuan parliamentary threshold sebesar 2,5 persen pada Pemilu 2009 ini diprediksi akan berimbang banyak mengubur impian partai-partai peserta pemilu, terutama partai kecil. Dengan jumlah peserta pemilu yang mencapai 38 partai membuat sebaran suara akan terpecah.

Apalagi, berdasarkan survei Lingkar Survei Indonesia (LSI), sembilan partai yang diprediksi menjadi penghuni Senayan akan meraup 75 persen suara. Adapun 29 partai lainnya, jika ditotal, hanya mengumpulkan 25 persen suara.

"Pada pemilu tahun 2009 ini akan ada kuburan mayoritas partai kecil. Sekitar 27 sampai 30 partai kecil tidak akan mencapai parliamentary threshold atau lebih kecil dari 2,5 persen," ujar Denny, pada launching hasil survei nasional LSI, Selasa (7/4), di Jakarta.

Beberapa sebab ketidakberhasilan partai-partai itu di antaranya kekurangan amunisi untuk menarik dukungan, ekspose publik yang sangat kurang, tokoh utama partai yang kurang menonjol, serta isu yang diusung juga tak 'bergaung'.

"Minimnya dana dan jaringan sosial membuat partai itu akhirnya terkubur," ujar Denny.

Seperti diinformasikan sebelumnya, survei yang dilakukan pada 5 April lalu juga menunjukkan hasil bahwa penghuni DPR hanya akan mampu dipenuhi oleh 8-11 partai politik. Jumlah ini lebih sedikit jika dibandingkan Pemilu 2004, yang meloloskan anggota DPR dari 16 partai politik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar