Minggu, 05 April 2009

Muhammad Amin: PKS Introspeksi Saja

Nama Muhammad Amin tiba-tiba cukup terkenal di blantika perpolitikan di tanah air. Lelaki yang lahir di Cepu, Jawa Tengah 27 tahun lalu itu merekayasa logo Partai Komunis Sejahtera dengan menggubah logo PKS (Partai Keadilan Sejahtera).

Selain itu, penulis buku "Ziarah ke Makam Tuhan" ini juga mengotak-atik logo Partai Golkar dikaitkan dengan narkoba.

Ditengah kesibukannya menulis novel autobiografi Nabi Muhammad, yang menurutnya semacam sirah nabawiyyah progresif , Muhammad Amin yang saat ini masih harus menyelesaikan studinya di Inholland University Amsterdam (jurusan International Business) berkenan diwawancarai oleh koresponden Rakyat Merdeka dan RMonline di Negeri Belanda A.Supardi Adiwidjaya. Berikut ini petikannya.

Anda menulis buku tentang, kalau tidak salah, “Ziarah ke Makam Tuhan”. Apa yang anda ingin ungkap dalam buku tersebut?

Ziarah Ke Makam Tuhan adalah buku yang berisi kritik terhadap keberTuhanan manusia. Kritik dalam bentuk humor kepada penganut teisme dogmatis dan ateisme dogmatis. Kedua isme ini dalam bentuk radikalnya sudah terlalu banyak menumpahkan darah dan menghilangkan nyawa.

Kabarnya karena buku tersebut, “darah” anda dinyatakan “halal”, atau dengan kata lain anda diancam bisa dibunuh. Tanggapan anda?

Ya, saya diancam dibunuh, dikuliti, dicap gila, dan sebagainya, hahaha... Tapi bagi saya itu resiko perjuangan. Mereka bisa saja sampai membunuh raga saya, tapi tidak akan bisa membunuh pikiran saya.

Belakangan ini, lewat berbagai media, baik elektronik, maupun cetak, anda mengutak-atik atau merekayasa apa yang menjadi simbol/logo dari dua partai masing-masing PKS dan Golkar?

Betul, PKS dan Golkar. Dua partai yang sedang menjajaki akan koalisi. Kedua partai ini menurut saya jika berkoalisi akan mengantarkan Indonesia menuju kehancurannya. PKS karena ideologi puritannya yang lambat laun akan membuat Indonesia terdisintegrasi. Golkar adalah partai warisan orde baru yang masih sangat korup dan bermental represif.

Jika benar menurut anda, yang disiarkan lewat media, bahwa hal yang anda kerjakan itu hanyalah karena iseng, namun keisengan itu kan mengandung sedikit banyak pikiran pribadi anda sendiri kan. Penjelasan anda?

Keisengan sekaligus keprihatinan atas konstelasi politik kontemporer Indonesia. Terlalu banyak partai yang memakai politik identitas, padahal politik identitas adalah politik yang tidak punya legitimasi logika maupun sains. Khusus untuk PKS, saya ingin mengingatkan masyarakat Indonesia dan konstituen PKS akan adanya hidden agenda PKS untuk merubah dasar negara menuju syariat Islam. Bapak spiritual PKS adalah Hasan Al-Banna , pendiri Ikhwanul Muslimin. Hasan Al-Banna mengagumi Hitler, dan banyak bekerja sama dengan Hitler. PKS jika dia besar akan kelihatan belangnya, dan akan banyak memberangus kekuatan politik lawan. Paradoksal dengan perkembangan besar dan pesat mereka di alam demokrasi, tetapi PKS anti demokrasi dan bahkan mau mengganti demokrasi dengan syariat Islam.

Apakah anda melihat ada persamaan antara PKS dengan Partai Komunis Sejahtera rekaan anda?

Partai Komunis Sejahtera itu adalah semacam humor sintesa Partai Komunis Indonesia dan Partai Keadilan Sejahtera. Karena PKI banyak kemiripan dengan PKS , salah satunya yang mencolok adalah kesamaan struktur organisasi. Majelis Syuro itu kan sama dengan Polit Biro. Selanjutnya, PKS adalah partai radikal kanan, PKI adalah partai radikal kiri. Keduanya sangat berbahaya buat Pancasila dan Demokrasi.

Anda mengatakan (lewat media) tidak puas dengan situasi dan kondisi perpolitikan di Indonesia. Bisa anda ungkapkan hal itu?

Dari 10 besar partai yang kira-kira akan memenangkan pemilu 2009, hampir kesemuanya tidak mempunyai visi dan program yang progresif untuk Indonesia. Semuanya hanya ribut kekuasaan, bukan ribut program. Prihatin saya melihat fakta seperti ini.

Bagaimana sih menurut pendapat anda Partai Keadilan Sejahtera itu?

Partai Keadilan Sejahtera itu menurut saya cukup bagus sebagai kekuatan oposisi dan tetapi menjadi partai kecil seperti fungsinya partai kiri hijau di Eropa. Tetapi jangan sampai dia terlalu besar, karena kemudian akan memunculkan ideologi puritannya mengganti demokrasi dengan syariat Islam.

Lambang Partai Golkar anda otak-atik jadi berkaitan dengan narkoba. Bagaimana keterangan anda?

Golkar adalah partai warisan orde baru yang lucunya tetap menjadi partai terbesar setelah kita mati-matian menggulingkan orde baru. Amnesia sejarah bangsa Indonesia memang parah.

Di antara fungsionaris masing-masing partai (PKS dan Golkar) ada yang ingin mengadukan anda ke kepolisian, dus akan menuntut anda lewat pengadilan. Bagaimana kesiapan anda mengenai atau menghadapi pengaduan tersebut jika betul-betul terjadi?

Saya sangat siap kalau dituntut, tetapi sebelum mereka semua menuntut. Saya menyarankan mereka melihat ke dalam diri partai-partai tersebut. Apakah kritik-kritik sarkastis saya lewat logo itu benar atau salah, karena menurut saya setiap logo yang saya buat mempunyai landasan logika dan fakta. Mereka mengkhianati rakyat kalau menuntut saya, karena saya adalah bagian rakyat yang mengkritisi partai-partai yang mewakili suara rakyat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar