Sabtu, 04 April 2009

PMB Optimistis Raih 30-35 Kursi Legislatif

JAKARTA -- Partai Matahari Bangsa (PMB) tetap optimistis akan meraih 3 sampai 3,5 persen suara dalam pemilu legislatif nanti. Bahkan partai pecahan dari Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengklaim dapat merebut mayoritas konstituen dari warga Muhammadiyah.

"Kami yakin dapat merebut 30 sampai 35 kursi di legislatif," ujar Ketua Umum PMB, Imam Addaruqutni kepada Republika, Sabtu (4/4).

Ia mengatakan, kantong-kantong suara yang harus terjangkau di tangan adalah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Sumatra Barat, dan Sumatra Selatan.

Target pemilih dari PMB, kata Imam, lapisan pertama adalah masyarakat yang memiliki ideologi yang sama, yakni warga Muhammadiyah. Sementara lapisan kedua adalah masyarakat yang menginginkan adanya perubahan.

"Baik perubahan dalam program maupun perubahan dalam elemen-elemen politik dimana PMB banyak menyediakan orang-orang muda," katanya.

Disinggung mengenai persaingannya dengan PAN, Imam mengatakan keyakinannya bahwa konstituen dari warga Muhammadiyah lebih memilih mendukung partainya dibandingkan mendukung PAN. Hanya saja, kata dia, pada tataran petinggi Muhammadiyah dukungannya fify-fifty antara PAN dan PMB.

Sementara itu, hari ini, Sabtu (4/4), PMB tidak menyelenggarakan kampanye terbuka. Kampanye yang sedianya dilaksanakan hari ini diganti dengan kunjungan ke rumah-rumah. "Kunjungan door to door dirasa lebih efektif karena bersentuhan langsung dengan para konstituen," ujar Sekjen PMB, Ahmad Rofiq.

Menurutnya, jika kampanye terbuka itu sifatnya lebih mengekspos visi dan misi partai kepada khalayak luas, sementara hal itu sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

Selain itu, Rofiq mengungkapkan tidak dilakukannya kampanye terbuka adalah dalam rangka penghematan dana. "Kami akan menggunakan dana yang ada untuk membayar saksi partai saat pemilu anti, bagi kami itu lebih berguna karena akan mengamankan suara kami agar tidak dicurangi partai lain," katanya.

Sekitar 85 caleg dan para pimpinan PMB rencananya hari ini akan turun ke dapil-dapil di DKI Jakarta. Mereka akan turun ke beberapa titik yang menjadi target parpol di antaranya adalah Jatinegara, Tanah Bang, Kemayoran, dan Tanjung Priok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar