Minggu, 05 April 2009

Survei Capres


LSI: SBY Makin Perkasa, Prabowo Masih Lemah
Ari Saputra - detikPemilu



Jakarta - Bila pemilu presiden digelar pada awal April ini, SBY diprediksi memenangi pemilu presiden dengan perolehan suara 60,3 persen. Angka itu terpaut jauh dari pesaing beratnya SBY, Megawati (21,9 persen), Jusuf Kalla (6,4 persen) dan Prabowo Subianto yang hanya sekitar 5,6
persen.

"Ini berarti SBY masih paling tinggi. Semantara jumlah pemilih yang nggak tahu mencapai 11,4 persen," kata Direktur Riset Lembaga Survei Indonesia (LSI) Dodi Ambardi di kantor LSI, Jl Lembang Terusan, Jakarta, Minggu (5/4/2009).

Menurut Dodi, survei dilakukan secara cepat dari tanggal 31 Maret sampai 1 April 2009. Jumlah sampel mencapai 2.486 orang dengan wawancara langsung di 33 provinsi. Metode yang dipilih dalam survei ini menggunakan multistage random sampling dengan tingkat kesalahan 2,3 persen.

Dalam hasil survei itu disebutkan, perolehan suara SBY hanya akan turun menjadi 52,5 persen bila dipertemukan 5 pesaing terkuatnya. Sementara Megawati hanya mendapatkan 18,5 persen, Wiranto (2,4 persen), Prabowo (5,6 persen), Sultan HB X (3,2) dan Jusuf Kalla (4,4) dengan 13,1 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya.

Menurut Dodi, Perolehan angka tersebut tidak banyak dipengaruhi oleh kampanye terbuka yang dilakukan capres maupun parpol. Perolehan suara hanya berkorelasi positif pada kampanye yang dilakukan secara kontinyu, berlangsung lama dan sistemik seperti Demokrat dan Gerindra.

"Pilihan terhadap Mega, Prabowo, Sultan, Wiranto dan JK tidak mengalami perubahan berarti akibat kampanye terbuka," imbuh lulusan Ohio University, AS tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar